PERPUSTAKAAN ANDALUSIA
VISI
Terdepan
dalam jasa perpustakaan dan informasi yang
terintegrasi, khususnya di bidang Al Qur’an & Al Hadits, Pendidikan Agama, Ilmu & Teknologi dan Bahasa dengan berlandaskan
ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan
MISI
A.
Mendukung Pencapaian Visi dan Misi Andalusia melalui Layanan Perpustakaan
dan Informasi yang Terintegrasi dan Berbasis TIK
B.
Pusat Rujukan Ilmu
Pengetahuan dan Sumber Informasi dengan Koleksi yang Komprehensif, Relevan dan
dalam Jumlah yang Memadahi, Khususnya terkait dengan Keilmuan di Andalusia
C.
Pengelola Seluruh Repositori Andalusia
D.
Sarana Belajar Bersama, Berkolaborasi, Berinteraksi dan
Rekreasi antar Civitas Academika
MODEL PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN
A.
LIBRARY
Perpustakaan
merupakan pendukung utama kegiatan pembelajaran di sebuah lembaga. Untuk itu
harus tersedia sarana dan prasarana yang mendukung dan representatif, pengelola
yang profesional, pengelolaan yang baik dan menyenangkan dengan dukungan
koleksi yang lengkap dan beragam dan responsif terhadap kemajuan TIK.
Untuk mendukung
operasional perpustakaan yang baik, maka beberapa aktifitas berikut perlu
dilakukan antara lain:
1.
Sirkulasi (Pinjam-kembali buku)
2.
Manajemen Koleksi
3.
Bebas Pustaka
4.
Literasi Informasi
5.
Repachaging Information (Kemas
ulang, Alih_Media, Digitalisasi, dll)
6.
Layanan Teknis
7.
Penelusuran Informasi
8.
Input Data
9.
Layanan Statistik
1 10. Promosi
Leafled, Poster, Cover, Banner
1 11.Perpanjang
Koleksi Mandiri
B.
LEARNING COMMONS
Menciptakan dan
mengkondisikan perpustakaan sebagai sarana belajar bersama yang memungkinkan
semua civitas akademika berkolaborasi dan menciptakaan suasana belajar yang
menyenangkan dan tercipta sinergi antara pustakawan dan semua pemustaka.
Sebagai Learning Commons maka perpustakaan mempunyai rencana kegiatan antara
lain:
1.
Belajar Bersama dan Berkolaborasi
antar anggota
2.
Pelatihan Literasi Informasi
(penelusuran e-book, e-journal, e-papers dan sejenis)
3.
Diskusi Terbatas
4.
Video Conference
5.
Konsultasi
6.
Relaks dan Rekreasi
7.
Ruang Baca
8.
Pelatihan ITC/ Foto/Video dan
ketrampilan aplikasif
9.
Ruang Meeting/ Sidang
1 10.Micro
Teaching
C. INSTITUTIONAL REPOSITORY
Fungsi repository
menjadikan perpustakaan sebagai pusat penyimpan, pengelolaan dan pendayagunaan
seluruh terbitan yang dihasilkan oleh institusi yang melingkupinya yang dalam
hal ini Andalusia
Untuk itu
Perpustakaan melakukan:
1.
Pengolahan Buku, Makalah, Majalah, Paper, Dokumen, dll
2.
Display Karya Siswa/ Internal
3.
Foto, Video, Software Program
4.
Publikasi/Informasi bahan Pustaka
Baru
5.
Audio dan Video File
6.
Jurnal, majalah dari Andalusia
Personil SDM di Perpustakaan
1. Kepala Perpustakaan
Job. Desk.
1.
Penanggungjawab operasional perpustakaan
2.
Sebagai koordinator dengan pihak luar perpustakaan baik dalam
lembaga maupun luar lembaga
3.
Membuat rencana kegiatan diluar kegiatan rutin perpustakaan,
terutama terkait perpustakaan sebagai learning commons dan institutional
repository
4.
Melakukan input bahan pustaka
5.
Melakukan layanan sirkulasi (peminjaman dan pengembalian
Bahan Pustaka
6.
Upload Buku dan Dokumen
7.
Shelving
8.
Pemesanan peminjaman
9.
Scan Text dan Foto
10. Kebersihan ruangan
2. Staf Perpustakaan 1
1.
Melakukan layanan bebas pustaka
2.
Input data Buku/ Dokumen
3.
Melakukan layanan sirkulasi
4.
Shelving
5.
Kebersihan ruang petugas
6.
Administrasi di perpustakaan
7.
Layanan Baca
8.
Layanan Fotokopi
3. Staf Perpustakaan 2
1.
Input data Buku/ Dokumen
2.
Layanan Sirkulasi
3.
Maintenence sarana/prasarana TIK (CPU, Monitor, printer, dsb)
4.
Mengelola jaringan perpustakaan
5.
Mengelola blog Perpustakaan
6.
Koordinator pelatihan yang bersifat insidental dan mandiri
terkait TIK Perpustakaan
7.
Upload Buku/ Dokumen dll
8.
Penelusuran literatur
9.
Perawatan bahan pustaka
10. Shelving
11. Membuat publikasi, poster dll
terkait promosi perpustakaan
12. Layanan Sirkulasi
13. Statistik Perpustakaan
14. Literasi Informasi
15. Online Public Catalouging
16. Scan Text dan Foto
17. Pemesanan peminjaman
18. Pemberitahuan keterlambatan
via sms
Standard Operating
Prosedur
Perpustakaan
0 comments:
Post a Comment